4 Alasan Anda Harus Melakukan Blogging untuk Bisnis

Boging Untuk Bisnis

Blogging untuk Bisnis – Selama beberapa waktu belakangan ini, Anda mungkin sudah cukup sering menemui bisnis yang, apapun produknya, mendirikan blog sebagai salah satu strategi digital marketing mereka.

Anda pun bertanya-tanya, apakah mendirikan dan mengelola blog sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan nanti?

Keraguan tersebut merupakan hal yang wajar, tetapi jangan biarkan ia menghalangi Anda untuk mencoba mendirikan blog. Tak perlu membuat domain baru.

Kemungkinan besar mayoritas dari Anda sudah memiliki website, kan? Buat saja satu tambahan halaman khusus untuk mendirikan blog. Jika masih merasa ragu, semoga beberapa keuntungan di bawah ini bisa meyakinkan Anda.

Meningkatkan Jumlah Traffic Menuju Website

Keuntungan satu ini sepertinya menjadi alasan paling dasar yang wajib Anda pertimbangkan. Apabila Anda merasa bahwa website Anda sepi pengunjung, maka blog dapat menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan jumlah traffic-nya.

Target audiens Anda memang bisa saja langsung mengetikkan alamat website pada browser mereka, tetapi hal tersebut hanya terjadi apabila mereka telah mengenal Anda sebelumnya.

Bagaimana dengan target audiens lain yang cukup potensial, tetapi belum pernah mendengar tentang website Anda?

Nah, blogging akan membantu Anda terkait hal tersebut.

Pasalnya, setiap Anda menulis postingan blog baru, website Anda akan mendapat satu halaman baru. Artinya, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk muncul pada mesin pencari Google dan meningkatkan kemungkinan datangnya traffic organik menuju website Anda.

Semakin banyak pula target audiens yang akan mengenal Anda dan bisnis Anda.

Mengubah Traffic Tersebut Menjadi Leads

Traffic website mulai meningkat berkat adanya blog? Kini saatnya Anda mengonversi traffic tersebut menjadi leads. Caranya mudah sekali, yakni dengan mencantumkan call-to-action (CTA) pada setiap postingan blog Anda.

Umumnya, CTA akan mengarahkan pembaca pada halaman berisi konten-konten yang akan membuat mereka bersedia memberikan informasi diri mereka. Misalnya, mereka bisa mendapatkan e-book atau trial gratis jika melakukan subscribe.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pembaca blog Anda akan berubah “status” menjadi leads. Hal tersebut wajar terjadi karena memang tidak ada pebisnis yang berhasil mengubah 100% pengunjung blog mereka menjadi leads.

Anda hanya harus terus fokus blogging, cantumkan CTA pada setiap postingan, dan evaluasi setiap bulannya untuk melakuan perbaikan.

Menguatkan Image Brand Bisnis Anda

Image apa yang selama ini Anda bangun terkait dengan produk Anda? Nilai-nilai apa yang Anda ingin orang asosiasikan terhadap brand Anda? Banyak cara untuk menyampaikan hal-hal tersebut, mulai dari tampilan website hingga tagline yang Anda gunakan.

Namun, pernahkah Anda terpikir untuk melakukannya melalui blogging. Ya, gaya menulis, gambar, dan layout dari blog dapat membantu Anda untuk menguatkan brand bisnis Anda.

Mungkin kini Anda memiliki bisnis di bidang fashion untuk ibu hamil, maka gaya menulis seperti apa yang harus Anda gunakan untuk menarik perhatian target audiens?

Tentunya harus bersifat ramah dan motherly agar ibu-ibu hamil mau membaca tulisan Anda hingga akhir dan berujung pada konversi leads.

Melalui tulisan blog, Anda bisa meyakinkan pengunjung dan target audiens lain bahwa brand Anda mengusung image dan nilai-nilai tertentu.

Membangun Hubungan yang Lebih Kuat dengan Konsumen

Blog membukakan jalan bagi Anda untuk memperdalam hubungan dengan para konsumen Anda. Karena blog terhubung langsung dengan website, pengunjung jadi bisa mengenal Anda secara lebih dalam.

Lebih dari itu, Anda juga bisa membangun kepercayaan sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya. Lagi pula, pada dasarnya konsumen senang mendapat informasi, dan mereka sangat menghargai bahwa Anda yang memberikannya kepada mereka.

Jangan lupa untuk merespon setiap komentar yang masuk untuk menjalin interaksi dengan konsumen. Apabila mereka memiliki pertanyaan tentang produk yang Anda tulis di blog, respon secara langsung pada website.

Nantinya, konsumen lain bisa melihat interaksi Anda sehingga mereka tidak segan untuk meninggalkan komentar. Engagement pun meningkat dengan sendirinya!

Sudah mulai tertarik mendirikan blog, tetapi bingung harus memulainya dari mana? Anda bisa mengikuti workshop “F.A.S.T® Social Blogging Mastery” yang dilaksanakan oleh IDAFF pada tanggal 14-15 Januari 2016.

Melalui workshop ini, Anda akan mendapat ilmu untuk mengelola yang mampu bekerja 24 jam menghasilkan uang setiap hari! Menarik, bukan?

Segera pesan tempat sekarang sebelum Anda kehabisan!